Friday, May 27, 2016

Bagaimana cara menemukan saham terbaik di Bursa Efek Indonesia hanya dengan melihat neraca atau balance-sheet?

Jawaban Anugrah Setiadji dari Pertanyaan Bagaimana cara menemukan saham terbaik di Bursa Efek Indonesia hanya dengan melihat neraca atau balance-sheet? di SETO.CO.ID

Lihat jawaban selengkapnya di SETO.CO.ID
Saya selalu sukses menemukan saham undervalued melalui 3 langkah yang akan saya jelaskan ini.

Langkah 1: Identifikasi 30 perusahaan untuk analisis lebih lanjut

Menemukan 30 saham bagus itu tidak sulit untuk saat ini karena internet memberikan kita informasi yang sangat berlebih. Selain itu, ada ratusan saham yang saat ini tercatat di bursa.
Internet memberikan tool hebat untuk menyaring saham yang enggak bagus, misalnya menggunakan screener saham online gratis sehingga memungkinkan Anda untuk membuat pilihan rasional yang tidak dipengaruhi oleh pendapat dan emosi orang lain.
Ingat: meskipun kita sedang mencari saham undervalued, valuasi murah tidak ada gunanya jika situasi keuangan perusahaan enggak bagus. Karenanya, langkah pertama adalah tentukan mana saham bagus dan tidak bagus. Tengok perkataan Warren Buffet:
"It is far better to buy a wonderful company at a fair price than a fair company at a wonderful price."
Warren Buffett
Kriteria dasar yang selalu saya gunakan dalam tahap ini adalah:
Return on Equity > 15%
Menunjukkan profitabilitas tinggi dan berpotensi keunggulan kompetitif
Debt-to-Equity ratio < 0.5
Menyiratkan bahwa perusahaan tidak terlalu tergantung pada modal luar untuk membiayai pertumbuhan
Current Ratio > 2
Memastikan bahwa perusahaan mampu membayar kewajiban jangka pendeknya

Begitu Anda telah menentukan kriteria Anda, gunakan salah satu screeners saham online gratis berikut dan mencoba untuk berakhir dengan sekitar 30 ide:
Google Finance. Favorit pribadi saya. Sebuah screener saham benar-benar bebas dengan antarmuka yang mudah untuk menyaring yang baik dari yang buruk.
Yahoo Finance. Yahoo menawarkan screener secara online dasar serta lanjutan berbasis Java screener. Keduanya bebas.

Langkah 2: Buat Daftar 3 Saham Terbaik

Sudah dapat 30 perusahaan terbaik? Hebat! Ini berarti Anda sudah membuang banyak "sampah". Sekarang saatnya untuk melihat mana dari 30 saham tersebut yang memiliki potensi untuk menjadi outperformer. Pada langkah ini, Anda harus menggali sedikit lebih dalam untuk mendapatkan berlian. Berikut beberapa yang saya sarankan:

Profitabilitas tinggi dan konsisten

Net profit yang tinggi dan meningkat adalah tanda yang sangat baik yang menunjukkan bahwa saham tersebut lebih efisien dan punya potensi untuk terus meningkatkan harga nya. Hal ini pada gilirannya mengarah pada nilai buku yang terus meningkat. Juga, pastikan dan periksa apakah saham tersebut memberikan Free Cash Flow (FCF) yang sehat. Jika sebuah perusahaan melaporkan laba bersih tetapi tidak dapat menghasilkan FCF yang positif, ini adalah tanda manipulasi laba, hati-hati!

Tingkat utang yang rendah

Jumlah utang yang besar akan menimbulkan risiko suku bunga yang signifikan dan menyebabkan angka ROE meningkat. Utang perusahaan akan semakin memperberat perusahaan sehingga mendapat masalah yang jauh lebih besar ketika penjualan melambat atau suku bunga mulai berfluktuasi. Patokan saya adalah rasio hutang jangka panjang terhadap ekuitas harus di bawah 0,5 akan jauh lebih baik, serta current ratio di atas 2.

Keunggulan kompetitif yang berkelanjutan

Analisa ini sangat baik untuk dilakukan bahkan kemampuannya melampaui angka dan rasio keuangan. Usaha yang menguntungkan akan memunculkan banyak pesaing baru yang masuk, dan meningkatnya persaingan umumnya mengarah ke keuntungan yang lebih rendah, kecuali ketika sebuah perusahaan memiliki keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Nature bisnis perusahaan tersebut harus sesuatu yang tidak mudah dicopy. Contohnya paten, merek dagang, penggunaan teknologi yang powerfull sehingga orang baru sulit untuk mempelajari juga sulit untuk mencari orang yang bisa menguasainya, biaya operasional yang rendah, dan skala ekonomi. Itu adalah tanda-tanda penting yang harus Anda prioritaskan mengenai prospek sebuah perusahaan.

Jujur, kompeten, dan manajemen yang memprioritaskan kepentingan pemegang saham

pasar saham jenius Peter Lynch menyarankan untuk mencari bisnis idiot dapat berjalan, karena cepat atau lambat idiot akan menjalankannya. Namun demikian, manajemen yang solid memainkan peran kunci dalam keberhasilan bisnis. Oleh karena itu, selalu tanya Google atau Seto mengenai profil nama-nama eksekutif kunci untuk mengetahui siapa mereka dan apa track record mereka. Lakukan hal yang sama untuk perusahaan itu sendiri.
Juga analisa strategi alokasi modal perusahaan. Gunakan aturan praktis berikut: perusahaan yang memiliki return on equity yang tinggi secara konsisten harus menginvestasikan kembali pendapatannya ke perusahaan, jika tidak, perusahaan lebih baik untuk membayar dividen dan/atau membeli kembali (buys back) saham. Namun, membeli kembali saham seharusnya hanya dilakukan ketika perdagangan saham secara signifikan di bawah nilai intrinsik perusahaan.

Hanya bisnis yang Anda pahami

Buffett pernah berkata bahwa ia dan rekan bisnisnya Charlie Munger selalu investasi di bisnis yang mereka pahami, dan saya sarankan Anda melakukan hal yang sama. Apakah perusahaan yang simple cenderung mengungguli pasar dibandikan yang kompleks? Bukan seperti itu. Namun, alasan untuk menghindari mereka karena semakin kompleks suatu bisnis, semakin sulit Anda membuat proyeksi yang wajar tentang kinerja masa depannya. Jadi investasi di perusahaan yang Anda pahami dengan income yang konsisten akan membuat Anda lebih bisa mengontrol.
Dibutuhkan beberapa pekerjaan memang, untuk menganalisis masing-masing 30 perusahaan pada daftar Anda menggunakan kriteria yang saya sebutkan di atas. Namun, dengan begitu Anda bisa mendapatkan 3 saham terbaik yang memiliki kemungkinan tertinggi untuk mengungguli pasar.

Langkah 3: Perkirakan Nilai Intrinsik

Tujuan: mengetahui apakah salah satu peluang Anda mengidentifikasi sedang undervalued
Sekarang Anda memiliki 3 saham terbaik, sekarang saatnya untuk langkah paling seru: periksa apakah harganya layak beli!
Harga yang layak adalah harga yang memberi Anda margin of safety yang lebar, sehingga Anda memiliki risiko minimum bahkan ketika kinerja masa depan perusahaan tersebut tidak sepenuhnya seperti yang diharapkan. Misalnya, hanya mempertimbangkan membeli ketika harga saham saat ini adalah 25% - 50% lebih rendah dari nilai intrinsik dari saham.
Dengan cara ini, risiko akan sangat rendah karena saham tersebut sudah sangat murah, sehingga tinggal melihat pada sisi return. Ada beberapa cara untuk menghitung nilai intrinsik dari sebuah perusahaan, seperti:
  1. Price-Earnings. Metode ini menghitung target harga 5 tahun berdasarkan pada akal, P history / E valuasi dan kemudian tiba di perkiraan nilai intrinsik dengan mengambil NPV.
  2. Discounted Cash Flow (DCF) Model.  DCF adalah salah satu perhitungan nilai intrinsik yang powerfull berdasarkan nilai diskonto dari kas yang diambil dari bisnis selama masa diskonto.
  3. Return on Equity
Gunakan model penilaian yang disebutkan di atas untuk memperkirakan nilai intrinsik saham. Langkah yang terakhir ini kemudian membandingkan nilai ini Anda dapatkan dengan harga saham saat ini sedang diperdagangkan. Bagaimana jika harga pasar di bawah nilai intrinsik?
Selamat, Anda menemukan emas!
Tulisan ini dipost melalui Aplikasi Seto di tanya jawab seputar Rekomendasi, Investasi, Saham, Akuntansi, Akuntansi Biaya, Analis Keuangan, Keuangan, dan Bisnis.

No comments: